Selasa, 31 Juli 2012

Jangan Biasakan Curi Budaya Kita!


Gambar asli disini

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Khususnya budaya di bidang kesenian. Tari, lagu, bahasa, dan masih banyak lagi. Contohnya aja di kota gue, Kota Tegal. Yap, Kota Tegal emang terkenal dengan dialognya yang disebut “ngapak”. Terus gue malu gak kalo ketemu temen-temen dari daerah lain? Minder gak? Oke, gue jawab. Gak sama sekali. Emang gue bukan asli orang Tegal. Tapi setiap gue ada acara ke luar kota gue selalu bawa nama kota bahari ini. Dan memang terkadang anak dari daerah lain tanya gini “Eh, kalo di tegal itu ngapak kan ya? Kok lo engga sih?”. Gue suka malu sebenernya. Masa iya sih gue yang tinggal di kota ini gak bisa bahasa di lingkungan gue sendiri.
Terkadang kita yang belum tau kebudayaan lokal akan menganggap remeh kebudayaan kita sendiri. By the way, ini juga yang mendasari banyaknya berita tentang pengklaiman budaya Indonesia oleh negara tetangga ya guys. Contohnya aja yang kemarin sempat heboh yaitu pencurian Tari Tor-Tor. Tapi sebenernya gue juga punya kisah real tentang pencurian budaya ini. Oke singkat aja yee :

Beberapa bulan yang lalu, gue mengikuti program sekolah RSBI yaitu Sister School. Program ini layaknya edutainment ke luar negeri. Setelah mengikuti testnya, alhamdulillah gue lolos. Gak lama akhirnya berangkat juga kita ke 2 negara tetangga. Setelah kita sampai di negeri jiran, kita pun menyempatkan untuk singgah di sentra oleh-oleh. Dan disitu gue menemukan hal yang janggal. Di tempat sentra oleh-oleh yang harusnya dipenuhi dengan kerajinan atau kebudayaan khas negara jiran, malah diisi dengan batik! Sebenarnya gak cuma batik yang gue temuin disana, ada juga oleh-oleh berupa keris, dan barang kerajinan lain yang notabene punya Indonesia
.
Dan bisa kita lihat dari sepenggal cerita pengalaman gue diatas. Sebenarnya apa sih manfaatnya curi budaya? Gak malukah kalian jadi maling budaya kita? Please, jangan curi budaya kita! Stop curi budaya! This is our culture! Don’t steal it!

4 komentar:

  1. semuanya harus dimulai dari kita untuk bisa menguasai budaya qt sendiri biar kita bisa menjaganya dan tdk diambl 'pihak' lain :)

    GO,GO budaya Indonesia...

    BalasHapus